Tentang kami

Pengantar

PADEPOKAN “ NURUL HAQ “ berlokasi di kotamadya Cilegon Propinsi banten. Banten adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan sekaligus nama suku bangsa asal yang terdapat di provinsi tersebut. Sebagian orang berpendapat bahwa orang Banten adalah orang Sunda juga, karena kebudayaan yang ditumbuhkembangkan oleh mereka pada umumnya sama dengan orang Sunda. Dalam kebahasaan misalnya, orang Banten menggunakan bahasa yang mereka sebut sebagai “Sunda&Jawa-Banten”. Sebagaimana masyarakat suku bangsa lainnya di Indonesia, orang Banten juga mempunyai berbagai jenis kesenian tradisional. Salah satu diantaranya yang kemudian yang kemudian menjadi label masyarakat Banten adalah DEBUS. Artinya, jika seseorang mendengar kata “DEBUS”, maka yang terlintas dalam benaknya adalah “BANTEN”.

Konon, kesenian yang disebut sebagai debus ada hubungannya dengan tarikat Rifaiah yang dibawa oleh Nurrudin Ar-Raniry ke Aceh pada abad ke-16. Para pengikut tarikat ini ketika sedang dalam kondisi epiphany (kegembiraan yang tak terhingga karena “bertatap muka” dengan Tuhan), kerap menghantamkan berbagai benda tajam ke tubuh mereka. Filosofi yang mereka gunakan adalah “lau haula walla Quwata ilabillahil ‘aliyyil adhim” atau tiada daya upaya melainkan karena Allah semata. Jadi, kalau Allah mengizinkan, maka pisau, golok, parang atau peluru sekalipun tidak akan melukai mereka.

Potensi seni dan budaya Masyarakat Banten sangat kaya dan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh masyarakat lainnya. Potensi yang besar ini jika dikelola dengan baik, di maksimalkan penggalian dan promosinya dapat menjadikan seni dan budaya Banten tulang punggung bagi sektor pariwisata yang di anggap sebagai salah satu sektor potensial untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Selanjutnya mampu memacu perkembangan ekonominya lainnya secara menetes (trielding down effect) maupun secara melebar (spread effect). Dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh Masyarakat Banten.

Di sisi lain optimalnya penggalian, pengidentifikasian dan pemetaan seni dan budaya Banten yang merupakan karya atau buah budi Masyarakat Banten menjadi sistem nilai yang dihayati dan menjadi jati diri Masyarakat Banten.

Dengan semangat diatas kami Padepokan Nurul Haq berusaha mengambil langkang, bahu membahu dan bercita cita untuk dapat melestarikan dan mengembangkan budaya luhur Banten yang syarat dengan syiar dan dakwan islamiah melaluI jalur Hikmah dan seni budaya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s